Halo sobat Gamanasa…
Kali ini kita akan membahas pakaian adat yang dikenakan oleh salah satu Srikandi Gamanasa pada acara Gelegar Kebangsaan pada kamis (28/10/2021) di Gedung Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang.

Pakaian adat yang dikenakan Srikandi Gamanasa pada acara Gelegar Kebangsaan kemarin merupakan Pakaian adat dari Sumatera Utara, Tepatnya dari suku batak toba. Suku ini bermukim di kawasan sekitar Danau Toba.

Pakaian adat yang dikenakan sangat khas karena menggunakan jenis kain yang berbeda, yakni kain tenun ulos atau kain ulos mulai dari bagian atas sampai bawah. Suku Batak Toba umumnya menggunakan benang berwarna hitam, putih, merah, emas, dan perak, untuk kain Ulos.

Bagi orang-orang Batak Toba, ulos memiliki arti khusus. Jenisnya pun ada banyak, sesuai dengan maknanya masing-masing. Misalnya saja, ulos ragi hotang digunakan untuk pesta sukacita, ulos simbolang dikenakan saat berduka, dan banyak jenis lainnya.

Pakaian adat pria bagian atas disebut ampe-ampe dan bagian bawah disebut singkot. Sementara untuk perempuan, bagian atas berupa hoba-hoba dan bagian bawah adalah haen.

Mengenakan busana ini juga dilengkapi dengan aksesoris berupa penutup kepala pada laki-laki yang disebut bulang-bulang dan pengikat kepala atau tali-tali pada perempuan, serta memakai selendang ulos.

Selain untuk upacara adat, pakaian adat Batak Toba digunakan untuk acara tertentu seperti pernikahan dan pesta syukuran.

In Frame : @tantriwdyaa
Busana Adat : @sanggar_aftin
📷 : Pusat Berita Pramuka Cisoka (Pustaka)

Dikutip dari : instagram @pramukagamanasa

Related Posts