PENEGAK

MATERI PRAMUKA PENEGAK


APA ITU PENEGAK ?

Pramuka penegak merupakan golongan pramuka anggota gerakan pramuka yang berusia antara 16 sampai dengan 20 tahun. Tingkatan golongan pramuka penegak merupakan penggolongan pramuka setelah pramuka penggalang (usia 11-15 tahun).
Penggunaan istilah penegak berdasarkan kiasan dari sejarah perjuangan bangsa indonesia.

Kata penegak ‘tegak’ merujuk pada tahap keberhasilan bangsa indonesia dalam menegakkan negara kesatuan republik indonesia. Tahap tegaknya atau berdirinya negara indonesia di tandai dengan proklamasi kemerdekaan yang dibacakan pada tanggal 17 agustus 1945. Proses ini didahului oleh tahap-tahap sebelumnya seperti penyiagaan bangsa dan penggalangan persatuan dan kesatuan yang mana kedua tahapan tersebut kemudian dijadikan nama golongan anggota gerakan pramuka siaga dan penggalang.

Seorang anggota pramuka dapat dikatakan sebagai anggota pramuka penegak setelah menginjak usia 16 tahun. Sebelum dilantik menjadi pramuka penegak sorang calon pramuka penegak harus melewati masa yang dinamakan tamu ambalan sedikitknya selama satu bulan. Selama menjadi tamu ambalan, calon anggota pramuka penegak dapat mengikuti acara acara tertentu dalam ambalan sehingga kemudian dilantik dalam sebuah upacara penerimaan tamu ambalan.

Tingkatan dalam pramuka penegak :
– Penegak bantara

– Penegak laksana


Sebelum mendapatkan tingkatan bantara dalam pramuka penegak seorang anggota pramuka penegak masih dikatakan seabagai penegak tamu.
Satuan terkecil dalam pramuka penegak disebut sangga yang anggotanya terdiri dari 6 sampai 8 orang pramuka penegak. Setiap sangga dipimpin oleh seorang pipinan sangga (Pinsa) yang dihimpun dalam sebuah ambalan. Setiap ambalan dipimpin oleh seorang ketua yang disebut sebagai pradana.

Kode kehormatan untuk pramuka penegak terdiri atas try satya dan dasadharma yang berbunyi:


Try Satya
Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia,dan mengamalkan pancasila

2. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat

3. Menepati dasadharma

Dasadharma
Pramuka itu:
1. Taqwa terhadap tuhan yang maha esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin,terampi, dan gembira
7. Hemat,cermat, dan berahaja
8. Disiplin,berani, dan setia
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.

ARTI KIASAN PENEGAK

  • Penegak berasal dari kata ‘tegak’ yang mengiyaskan periode setelah berhasilnya mensiagakan kemerdekaan bangsa dan menggalang persatuan, maka bangsa indonesia telah siap unuk menegakkan kemerdekaan yang ditandai dengan perisiwa proklamasi kemerdekaan pada anggal 17 agusus 1945.
  • Sangga mempunyai arti ‘gubug’ atau rumah kecil tempat penggarap sawah.
  • Nama-nama sangga mulai dari ‘sangga perintis‘ menjadi pelopor dalam kebajikan, ‘sangga penegas’ mengandung arti kemampuan mengambil keputusan yang arif dan bijaksana, ‘sangga pencoba’ mengandung pengertian keberanian mencoba segala sesuatu yang positif, ‘sangga pendobrak’ mengandung arti keberanian mengemukakan kebenaran dan melawan kemungkaran, ‘sangga pelaksana’ mengandung arti keberanian melaksanakan sesuatu tugas dengan penuh tanggung jawab.
  • Kata ambalan berasal dari bahsa jawa ’ambal-ambalan’ yakni kegiatan yang dilakukan terus menerus. Ambalan juga disebut sekumpulan orang yang sedang melakukan suatu pekerjaan.
  • Nama tingkatan SKU Penegak mulai dari ‘Bantara’ yang mempunyai pengertian kader,ajudan,pengawas pembangunan yang kuat,baik,terampil serta beroral pancasila sekaligus bermakna sebagai calon pemimpin bangsa dan negara. ‘Laksana’ mengandung arti pemimpin muda yang sudah sanggup mengemban amanah dan melaksanakan tugas pembangunan bangsa dan negara.
  • Pramuka Penegak dapat pula mengikuti atau bergabung dalam Satuan Karya Pramuka (Saka).

Tinggalkan Balasan